Friday, December 5, 2008

Berikut adalah tips SEO untuk meningkatkan trafik yang saat ini banyak dipakai oleh webmaster suatu web, dan tingkat keberhasilannya tergantung kepada kegigihan kita dalam melaksanakan tips ini, karena segala sesuatunya usaha dan kerja keras yang berkesinambungan.

1. Original Content / isi yang orsinil Hal yang harus di ingat agar blog mendapatkan rangking yang bagus pada mesin pencari adalah isi dari blog adalah orsinil karya tulisan anda sendiri atau dengan kata lain bukan hasil copy paste dari orang lain.2.

2. Memasang Meta tag pada bagian header kode template. angan sampai dilupakan untuk memasang meta tag pada bagian header kode template anda.

3. Pasang keyword yang sesuai dengan isi blog anda
Dalam memasang meta keyword, sebaiknya keyword yang digunakan adalah yang berhubungan dengan isi blog anda. Misalkan blog anda mempunyai topik tentang kesehatan, maka keyword yang anda gunakanpun harus keyword tentang kesehatan. Selain harus berhubungan dengan isi dari blog anda, keyword yang di pasangpun haruslah keyword yang banyak di cari oleh pengguna internet.

4. Pilih template blog yang baik. Yang di maksud dengan memilih template yang baik di sini antara lain template yang kita pakai yang pertama kali di loading adalah bagian posting bukan bagian sidebar apalagi bagian footer.

5. Jangan memilih template yang sidebarnya berada di sebelah kiri serta kanan. Seperti yang ditulis di atas bahwa sebaiknya yang pertama di loading adalah bagian posting bukan bagian sidebar. Apabila anda menggunakan template yang 3 kolom yang sidebar nya berada di sebelah kiri serta kanan, maka dapat di pastikan yang pertama kali di loading adalah sidebar yang di sebelah kiri dahulu kemudian bagian posting. Berbeda halnya dengan template 3 kolom yang kedua sidebarnya berada di sebelah kiri ataupun keduanya di sebelah kanan, karena walaupun kedua sidebar berada di sebelah kiri, kode posting masih bisa di tempatkan di atas kode sidebar dengan mengatur kode float pada template. Masih bingung? Mungkin di lain kesempatan akan di bahas secara rinci.

6. Jangan terlalu sering mengganti template. Bagi yang suka gonta-ganti template blog dengan yang baru, sebaiknya kebiasaan ini dihentikan

7. Jangan terlalu menjejali sidebar kiri dengan data yang berat. Jika anda menggunakan template 3 kolom yang sidebar nya berada di sebelah kiri serta kanan, sebaiknya jangan terlalu menjejali sidebar kiri dengan data yang berat. Misalnya banner atau gambar, animasi, javascript, dan lain-lain.8.

8. Jangan menghilangkan kode heading pada template. Bagi yang senang mengotak-atik kode template, sebaiknya jangan menghilangkan kode heading pada templatea. Kode yang di maksud adalah kode h1, h2, h3, h4 pada kode template, kode tersebut jangan sampai di hilangkan atau tidak di buat karena yang pertama dilihat oleh mesin pencari adalah data yang ada pada kode h1 h2, h3 serta berikutnya. h1 pada umumnya adalah untuk judul blog, maka dari itu membuat judul blog jangan sampai asal-asalah karena judul blog adalah front face yang pertama kali di lihat oleh mesin pencari.

9. Pergunakan huruf tebal, miring, atau garis bawah. Penggunaan huruf tebal, miring, atau garis bawah pada keyword-keyword yang di rasa penting pada postingan sangat baik untuk optimalisasi mesin pencari. Misalnya postingan kita membahas tentang free template, maka pada tulisan –tulisan free template tersebut kita cetak secara tebal, miring, atau garis bawah. Namun walaupun demikian janganlah menebalkan suatu tulisan yang sama terlalu banyak pada satu postingan karena bisa di anggap spam oleh mesin pencari dalam hal ini adalah google.

10. Selalu gunakan tag "alt" pada kode gambar. Mesin pencari pada umumnya tidak terlalu mengerti makna dari sebuah gambar, maka dari itu perlu menambahkan kode "alt" pada gambar anda. Tag "alt" adalah merupakan kepanjangan dari "alternatif", jadi mesin pencarie akan lebih mengenali maksud gambar anda apabila memakai tag "alt"..

11. Jangan membuat hidden text atau hidden link. Yang dimaksud dengan hidden text atau hidden link adalah membuat sebuah text atau link berwarna sama dengan backgroundnya sehingga tidak terlihat oleh pengunjung blog. Jadi ini jangan di lakukan, sebab akan membuat google murka terhadap blog anda karena di anggap menipu mata pengunjung.

12. Usahakan agar blog anda di link oleh banyak blog atau website. Semakin banyak blog atau situs membuat link ke blog anda, maka semakin baik pula penilaian mesin pencari terhadap blog anda, dan yang lebih baik lagi apabila blog anda di link oleh yang mempunyai page rank yang tinggi.

13. Buatlah tautan antara suatu postingan (linking) dengan postingan yang lain.

14. Usahakan jangan ada link yang rusak (broken link).Yang di maksud dengan link yang rusak adalah anda membuat suatu link, tapi saat link ini diklik halaman yang dilink tersebut tidak ada atau tidak ditemukan. Apabila ada link yang seperti ini pada blog/web anda sebaiknya link ini di perbaiki atau dirubah saja menjadi teks biasa bukan merupakan suatu link.

15. Selalu perbaharui (update) blog anda dengan postingan yang baru. Mesin pencari sangat suka terhadap blog atau website yang isinya selalu fresh atau segar, jadi kalau anda rajin memposting suatu artikel maka blog anda akan lebih sering di kunjungi oleh mesin pencari. Dan perlu diingat juga bahwa semakin banyak tulisan pada blog anda tentunya semakin banyak pula keyword atau kata kunci yang mewakili blog anda. Jadi, ayo kita berlomba untuk mengisi blog kita dengan postingan yang baru.

16. Bagi pengguna blog blogger, gunakan kotak komentar asli dari blogger. Hal ini disebabkan bila ada pengunjung yang mengomentari postingan anda, maka komentar tersebut oleh mesin pencari akan dianggap sebagai bagian dari postingan anda.

17. Judul posting harus mewakili isi posting Yang satu ini terkadang banyak terlupakan oleh para blogger, membuat judul posting yang sedikit asal-asalan, padahal judul posting adalah wakil dari seluruh postingan. Kenapa demikian, karena secara umum judul posting di set pada kode template sebagai heading 2 (h2) atau heading 3 (h3), oleh karenanya sebelum melihat isi posting, sang mesin pencari terlebih dahulu akan melihat judul posting. Jadi, membuat judul posting harus dengan kata-kata yang semenarik mungkin serta dapat mewakili isi dari posting

No comments: